Uniknya Kucing Sphinx, Kucing Hasil Mutasi Genetik

Kucing Sphinx - Dikesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai kucing sphinx. Bagi sebagian orang, kucing Sphinx dinilai tidak lucu atau tidak imut, bahkan cenderung mengerikan karena tubuhnya yang nyaris terlihat seperti tanpa bulu. Namun, bagi pecinta kucing dan kolektor kucing, Sphinx banyak diburu karena harganya yang mahal dan juga karena prestige. Kucing ini bukan merupakan salah satu jenis kucing tanpa bulu yang ada didunia. Ada beberapa beberapa jenis kucing tanpa bulu yang juga memiliki harga tinggi seperti seekor Sphinx, contohnya Bambino dan Peterbald.

Bagi Anda seorang awam, mungkin Anda mengira bahwa kucing ini berasal dari nama patung singa-manusia di Mesir. Walau demikian, kucing jenis ini justru tidak ada hubungannya sama sekali dengan patung tersebut. Sphinx justru berasal dari Kanada, dan nama aslinya yaitu Canadian Hairless. Perawatan yang diperlukan kucing Sphinx memang harus ekslusif. Kucing jenis ini sangat tidak tahan terhadap paparan sinar matahari yang langsung mengenai tubuhnya. Paparan sinar matahari secara langsung dan terlalu berlebih bisa menyebabkan kulitnya terbakar. Kucing ini juga tidak tahan pada suhu yang terlalu ekstrem, seperti suhu dingin. Inilah mengapa kucing Sphinx akan lebih aman jika berada pada suhu ruangan yang diperlukan.

Selain kerentanannya terhadap sinar matahari langsung dan suhu dingin, kucing Sphinx juga memerlukan perawatan khusus pada bagian tubuhnya. Walau hanya memiliki sedikit bulu, Sphinx juga perlu dibersihkan secara teratur dan lebih sering daripada kucing berbulu lebat pada umumnya. Hal ini dikarenakan kulit kucing ini mudah berkeringat, sehingga permukaan kulit yang berminyak bisa membuat kotoran mudah menempel. Selain tidak sehat, kotoran yang tidak segera dibersihkan dari kulit kucing bisa menyebabkan bau pada tubuh kucing. Rata-rata breeder kucing jenis Sphinx yang profesional tidak akan menyerahkan kucing jenis ini ke breeder awam sebelum usia kucing genap 1 tahun. Hal ini untuk memastikan bahwa si kucing benar-benar siap dan sudah pintar menyesuaikan dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Kucing Sphinx ini sebenarnya justru dilahirkan karena adanya mutasi secara genetika pada kucing berbulu yang hamil. Mutasi tersebut menyebabkan induk kucing melahirkan bayi kucing yang kehilangan bulunya. Bahkan, Sphinx jantan yang pertama lahir didunia tanpa bulu diberi nama Prune. Kucing tersebut lalu berkembangbiak dan menghasilkan bayi-bayi kucing yang juga memiliki bulu yang tipis, bahkan transparan.

Untuk pasaran kucing Sphinx sendiri, dikabarkan kucing ini memiliki harga tergantung dari tingkat ke-eksotisannya. Semakin eksotis kucing, tentu harganya akan semakin tinggi. Harga kucing Sphinx sekitar dari 300 dollar hingga 3000 dollar dan kucing ini dapat biasa dijual dalam bentuk lelang dengan alasan supaya mendapatkan pemilik yang berani membayar mahal, sehingga di pastikan akan merawat si kucing dengan baik.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai kucing sphinx. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.
Labels: dijual, harga kucing sphinx, jual kucing sphinx murah, kucing savannah, scottish fold, siam, sphynx untuk dijual

Thanks for reading Uniknya Kucing Sphinx, Kucing Hasil Mutasi Genetik. Please share...!