Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan

Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan
Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan
Kucing Tidak Mau Makan - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai penyebab dan solusi kucing tidak mau makan. Kucing tidak mau makan. Solusinya? Sebelum Anda mengetahui solusi kenapa kucing tidak mau makan, Anda harus mengetahui sebab yang sangat memungkinkan terjadi ketika kucing kehilangan nafsu makan. Kucing merupakan hewan yang memilih untuk tidak makan ketika ia merasa sakit. Bahkan, biasanya si “Pus” lebih memilih memakan rumput. Hal ini terjadi karena kucing merasa tidak nyaman di perutnya dan berusaha membersihkan perut dengan rumput seperti halnya ayam yang memakan batu kerikil ketika perutnya sakit.
penyebab kucing tidak mau makan dan lemas,kenapa kucing tidak mau makan dan lemas,dan muntah,tidur terus,cara mengatasi kucing tidak mau makan,dry food,setelah melahirkan,
Baca Juga : Kucing Siam

Terkadang kucing tidak mau makan juga dapat terjadi karena bosan dengan makanannya. Sebab lainnya juga dapat terjadi karena pergantian merek makanan kucing. Tetap saja apabila kucing Anda tidak mau makan atau minum seharian berbahaya bagi kesehatannya. Kucing membutuhkan cairan tubuh, sehingga ia harus minum walaupun tidak makan seharian.

Berikut beberapa solusi untuk menambah nafsu makan kucing :

Berikan wet food
Solusi kucing tidak mau makan yang pertama yaitu Anda bisa membeli makanan wet food untuk si kucing supaya bisa meningkatkan nafsu makanannya. Makanan dry food memang memiliki bau yang kurang tajam, sehingga terkadang si kucing tidak selera untuk mengkonsumsinya. Biarpun demikian, Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan wet food terlalu berlebihan, karena bisa menyebabkan karang gigi pada kucing.

Suapi si kucing
Solusi kucing tidak mau makan yang kedua yaitu dengan menyuapi si kucing. Mungkin si kucing tidak ingin makan dan tidur terus, sehingga Anda harus menyuapi kucing Anda dengan tangan atau dengan syringe atau suntikan kecil tanpa jarum. Anda bisa menyuapi kucing Anda dengan wet food yang mudah dicerna si kucing. Dengan menyuapi kucing Anda, selain si kucing bisa tetap sehat ia juga dapat terhindar dari kekurangan gizi. Si kucing akan semakin dekat dengan Anda, dan semakin menganggap bahwa Anda majikan yang baik.

Berikan asupan vitamin
Solusi kucing tidak mau makan yang ketiga yaitu dengan memberikan vitamin. Anda bisa membeli vitamin di apotek di sekitar rumah Anda. Vitamin yang dibutuhkan untuk kucing yaitu vitamin B kompleks atau lysine. Merek-merek yang bisa Anda beli misalnya yaitu biolysin, becombion dan lysmin. Vitamin-vitamin ini bisa meningkatkan nafsu makan kucing, dan mencegah virus herpes yang terjadi pada kucing atau flu kucing. Namun, pemberian vitamin harus diberikan setelah makan, supaya tidak terjadi iritasi lambung yang menyebabkan kucing jadi muntah-muntah. Ada sebuah obat yang biasa diberikan oleh dokter hewan yang bernama Diazepam. Obat ini berfungsi menambah nafsu makan si kucing. Reaksi obat ini juga cukup cepat, sehingga di anjurkan untuk menyediakan makanan terlebih dulu sebelum memberikan si kucing obat diazepam.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai penyebab dan solusi kucing tidak mau makan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.
Penyebab dan Solusi Kucing Tidak Mau Makan Rating: 4.5 Posted by: Cahya Puri