Mengenal Lebih Dekat Jenis Kucing Siamese atau Siam Asli Thailand

Kucing Siamese - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai Kucing Siamese atau kucing siam yang merupakan salah satu jenis kucing oriental yang sangat populer didunia. Siamese atau siam kucing asli kucing keturunan Asia tepatnya dari siam atau sekarang yang lebih di kenal dengan Thailand. Siam ini adalah kucing pertama yang diakui oleh dunia sebagai kucing oriental. Terkadang banyak orang yang menyamakan kucing siam dengan kucing himalaya, padahal kedua kucing ini jelas berbeda. Untuk membedakannya, Anda tentunya harus mengetahui ciri dari kucing siam yang asli. Ada tiga hal sebagai ciri utama dari kucing siam ini yakni dari bentuknya, bulu, dan warna bulunya.

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya, kucing Siamese ini yaitu kucing yang paling tinggi dan ramping. Bentuknya yang ramping membuat kucing ini terlihat lebih anggun. Ciri utama dari kucing ini yaitu tubuh yang ramping, kucing siam tidak segemuk kucing rumah pada umumnya, dia memiliki tubuh yang ramping dengan kaki yang panjang dan jenjang. Dilihat dari fisiknya, kucing ini bagaikan seorang model yang sempurna, ditambah ekornya yang panjang membuat kucing siam terlihat semakin sempurna. Perlu Anda ketahui bahwa warna mata dari kucing ini adalah biru tidak ada yang lain. Tidak salah jika harga kucing siam ini cukup mahal.

Ciri utama lainnya dari kucing Siamese yaitu bulunya. Pada umumnya, bulu kucing adalah lebat dan ada yang panjang. Bulu dari kucing siam ini tidak panjang melainkan berbulu pendek. Bulunya yang pendek ini semakin mempercantik penampilan kucing siam. Jenis kucing ini memang termasuk kucing berbulu pendek dengan bagian ujung ekornya berwarna gelap atau hitam. Bukan hanya pada bagian ujung ekornya saja, namun kedua ujung kupingnya memiliki warna yang gelap. Ujung kaki dan tangan kucing juga memiliki warna yang gelap. Ada lagi bagian tubuh kucing yang berwarna gelap yakni wajahnya. Apabila semua kriteria bulu ini memenuhi maka kucing tersebut merupakan kucing siam yang asli.

Harga jual kucing Siamese juga di pengaruhi oleh warna dari bulunya. Warna bulu inilah sebagai tanda terakhir keaslian dari kucing siam. Kucing Siamese yang asli memiliki bulu berwarna cokelat dengan bagian ujung yang gelap. Saat masih kecil, warna gelap pada bulunya tidak terlalu terlihat jelas, namun jika di perhatikan seiring umurnya yang bertambah warna gelap akan terlihat terlihat jelas pada bulu-bulu sang kucing. Ketiga kriteria inilah yang menjadi pedoman Anda dalam memilih kucing siam yang asli.

Didunia sendiri kucing siam bau populer sejak era ke 20 setelah salah satu pejabat Inggris mendapatkan hadiah kucing ini. Saat ini sudah ada tiga jenis kucing siam yang ada, yakni kucing siam tradisional, kucing siam modern. Perbedaan menclok dari ketiga jenis kucing Siamese ini yaitu pada warna bulunya. Siam yang tradisional memiliki bulu yang lebih panjang dan juga berwarna lebih gelap. Sedangkan Siamese klasik bulunya lebih pendek dan terang. Untuk Siamese modern sendiri lebih ramping dan warna bulunya lebih terang dengan sedikit warna gelap.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai Kucing Siamese. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.