Mengenal Kucing Munchkin

Mengenal Kucing Munchkin
Mengenal Kucing Munchkin
Kucing Munchkin - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai kucing munchkin. Di dunia ini ada berbagai macam jenis kucing-kucing menggemaskan yang sering dipelihara manusia. Telinga kita pasti sudah akrab mendengar jenis kucing persia maupun angora. Lalu, bagaimana dengan jenis kucing Munchkin? Mungkin masih terasa asing ya? Baiklah, kita berkenalan dengan kucing lucu yang satu ini. Munchkin adalah kucing yang berasal dari Amerika Serikat, dimana kucing dari ras berkaki pendek maka tidak salah jika kucing jenis ini menjadi salah satu ras kucing terkecil didunia. Kucing jenis ini mulai dikembangkan biakkan pada tahun 1980-an. Kakinya yang pendek merupakan hasil mutasi genetis alami. Selain itu, kakinya yang pendek menjadi daya tarik tersendiri. Munchkin sendiri ada yang memiliki bulu panjang dan pendek. Keunikan kucing ini membuatnya sering dipersilangkan dengan kucing jenis lain.

Menilik sejarah kehadiran kucing Munchkin, sebenarnya kucing ini sudah ada sejak tahun 1944. Namun pada saat berkobar Perang Dunia II, kucing jenis ini menghilang. Pernah beberapa kali ada yang melihatnya, namun tiba-tiba menghilang lagi. Lalu pada tahun 1983, seorang guru music dari AS bernama Sandra Hocenadel menemukan dua ekor kucing berkaki pendek yang tengah hamil. Kedua kucing tersebut dipelihara dan memiliki beberapa anak. Salah seorang anak kucing tersebut di kirim kepada teman Sandra. Ia juga mengembangbiakkan kucing berkaki pendek sehingga sejak saat itu mulai bermunculan banyak kucing berkaki pendek. Nama Munchkin sendiri di ambil dari tokoh kerdil dalam film The Wizard of OZ, yang ketika itu sangat popular.

Pada kucing berkaki pendek, kebanyakan mereka memiliki kelainan pada bagian tulang punggung, namun tidak untuk kucing Munchkin ini. Mutasi genetis yang sempurna membuatnya tidak memiliki kecacatan apa pun. Walau kesehatannya terbilang baik, ternyata kucing jenis ini rawan terhadap lordosis, yakni tulang belakang yang melengkung terlalu berlebih. Selain itu, kucing ini rawan terhadap pektus ekskavatum, yakni dada yang berlubang sehingga ketika dalam kontes kecantikan, kucing yang terlihat terlalu membungkuk ketika duduk bisa didiskualifikasi dan pastinya tidak menang. Keunikan kucing yang satu ini membuat banyak kucing Munchkin dijual karena tingginya permintaan pasar.

Selain fisiknya yang unik yakni wajahnya yang bulat, hidung cukup pesek, mata bulat, badang gemuk dan kakinya yang sangat pendek, sifat kucing Munchkin juga menjadi alasan mengapa banyak orang menyukainya. Dia suka bermain dan bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Ketika sedang duduk ia terlihat seperti kelinci yang sedang duduk. Munchkin jantan lebih besar dari si betina yang beratnya mencapai 3 sampai 4 kg. Kaki bagian belakang terlihat lebih panjang dari kaki depan sehingga kucing ini terlihat seperti sedang membungkuk.

Mengingat betapa imut dan uniknya kucing ini maka tidak heran jika harga jual kucing Munchkin termasuk mahal di Indonesia. Bagi Anda pecinta kucing, Anda bisa membelinya di pet shop maupun peternak kucing yang menjual secara online. Namun untuk pemberian barang, Anda tetap harus mengambilnya sendiri. Karena kucing bukan barang yang bisa di kirim. Situs online hanya sebagai alat untuk promosi saja.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai kucing munchkin. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.
Mengenal Kucing Munchkin Rating: 4.5 Posted by: Cahya Puri