Tema 4, Subtema 1, Pembelajaran 5, Permainan Bola

Kerangka tubuh merupakan rangkaian tulang yang mendukung dan melindungi organ tulang yang lunak. Untuk menyambungkan tulang satu dengan tulang yang lainnya dihubungkan oleh persendian. Tulang-tulang tersebut bersambungan dan tersuusn secara teratur. Tulang membantu melindungi bagian-bagian tertentu pada tubuh kita. Organ penyusun gerak atau disebut dengan rangka manusia terdiri atas tiga bagian, yaitu kerangka bagian kepala (tengkorak), kerangka bagian badan, dan kerangka bagian anggota gerak.

Satu di antara cara merawat rangka tubuh kita, yaitu dengan berolahraga. Nah, penyakit apa saja yang dapat terjadi apabila kita tidak merawatnya? Salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk merawat rangka tubuh yaitu bermain bola voli mini. Berbagai gerakan dalam permainan ini diantaranya sebagai berikut.

Amatilah berbagai gambar permainan bola berikut!

Permainan bola 1 (Passing Bawah)
Cara melakukan Passing Bawah
  1. Untuk posisi awal/persiapan, yaitu berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan.
  2. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan  badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datannya bola.
  3. Ketika bola datang, dorongkan kedua lengan ke arah datannya bola, bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat ditengah-tengah badan, dan perkenaan bola tepat pada lengan bagian bawah di atas pergelangan tangan.
  4. Akhir gerakan, angkat tumit, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar dari gerak dorong.
Permainan bola 2

Permainan bola 3 (Mengoper Bola)
    Permainan bola 4 (Servis Bawah)
    Cara melakukan Servis Bawah

    1. Pertama adalah Sikap tubuh berdiri, kemudian kaki membentuk kuda - kuda dengan tubuh agak condong ke depan.
    2. Kedua salah satu tangan memegang bola dan tangan yang satunya digunakan untuk memukul bola dengan jari - jari tangan dalam keadaan mengepal atau menggenggam.
    3. Ketiga Bola sedikit dilambungkan, kemudian bola dipukul di bagian bawah dengan ayunan tangan dari belakang ke depan.
    Permainan bola 5 (Passing Atas)


    Cara melakukan Passing Atas
    1. Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan, posisi lengan agak di tekuk di depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti mangkuk atau corong di depan atas wajah.
    2. Gerakan, dorongkan kedua lengan ke aarah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat, usahakan arah datangya bola di tengah-tengah atas wajah, perkenaan bola yang baik adalah tepat mengenai jari-jari tangan.
    3. Akhir gerakan, tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong

    Ayo Menulis
    1. Bagaimana menurutmu posisi yang bagus agar dapat mencetak angka dalam permainan bola voli mini?
    • Cara dan posisi yang tepat untuk mencetak angka dalam permainan bola voli adalah dengan smash cepat di depan net.
    2. Bagaimana cara mengoper balo ke teman dalam permainan bola voli mini?
    • Cara mengoper bola kepada teman dapat dilakukan dengan passing bawah atau passing atas.
    Menari juga merupakan kegiatan yang menggerakkan anggota tubuh. Menari kadang-kadang dilengkapi dengan properti tari. Ingatkah kamu bahwa pada Pembelajaran 2 kamu telah mengamati beberapa karya tari yang menggunakan properti? Karya tari itu di antaranya Tari Piring yang menggunakan properti berupa piring, Tari Rangguk Ayak yang menggunakan properti berupa rebana, dan Tari Klana Topeng yang menggunakan properti berupa selendang. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan properti tari?
    Yang dimaksud dengan properti tari (perlengkapan tari) adalah perlengkapan yang tidak termasuk kostum, tidak termasuk pula perlengkapan panggung, tetapi merupakan perlengkapan penari. Misalnya kipas, pedang, tombak, panah, topeng, dan selendang 
    Ayo Menulis
    Benda apa saja yang dapat digunakan melakukan gerak tari? Tuliskan sepuluh benda sebagai alat yang dapat digunakan untuk melakukan gerak tari.
    No.Nama-nama alat yang dapat digunakan untuk melakukan gerak tari
    1Jebeng, 
    2Cundrik atau keris kecil, 
    3Jemparing, 
    4Tombak pendek.
    5Piring
    6Topeng
    7Selendang
    8Kipas
    9Lilin
    10Rangkaian Bunga

    Ayo Amati
    Siti dan teman-temannya menari. Mereka melakukan gerak tari dengan alat. Perhatikan gambar gerakan mereka.
    1. Apa alat yang digunakan Siti dan teman-temannya untuk melakukan gerak tari?
    - Gendewa.

    2. Bagaimana Siti dan teman-teman menggerakkan propertinya? Uraikan gerakan Siti dan teman-teman sesuai pengamatanmu terhadap gambar di atas. Sebelum kamu menguraikan, coba kamu tirukan terlebih dahulu gerakannya.
    - Gendewa dipegang dengan tangan kanan, kemudian digerakkan ke samping kiri, lalu ke kanan. Diikuti dengan kaki kanan jinjit di samping kaki kiri, lalu kaki kanan melangkah diikuti kaki kiri jinjit di samping kaki kanan.

    Dengan banyak melakukan gerak tubuh, rangka tubuh kita menjadi kuat dan badan menjadi sehat. Rangka tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai penyakit dan mengurangi gejala kelainan pada tulang. Misalnya, kita akan terhindar dari sakit rematik. Tahukah kamu apakah sakit rematik itu?
    Penyakit rematik adalah kondisi tubuh yang sangat menyakitkan karena disebabkan oleh pembengkakan, peradangan, dan nyeri pada sendi atau otot. Rematik merupakan penyakit yang menyerang bagian tubuh pada anggota gerak, seperti pada sendi, otot, tulang, dan jaringan sekitar sendi. Keluhan lain yang sering muncul adalah rasa nyeri, kaku, bengkak sampai keterbatasan pergerakan anggota tubuh. Nyeri rematik hampir sama pada saat nyeri keseleo. Namun, pada rematik disertai peradangan pada persendian dan kulit terlihat memerah diakibatkan karena peradangan.
    Ayo Menulis
    Tuliskan penyakit yang sering terjadi pada rangka tubuh manusia!
    No.Penyakit atau gangguan yang sering muncul pada rangka
    1Patah/retak tulang
    2Osteoporosis
    3Polio
    4Lordosis,
    5Kifosis,
    6Skoliofosis
    7Pembengkakan Ibu Jari
    8Rakitis
    9Sarkoidosis/peradangan
    10Lupus
    Selain berolahraga, Siti dan teman-temannya banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Apa manfaat air bagi kesehatan tubuh?

    Ayo Bacalah
    Manfaat Air bagi Tubuh
    Jangan menyepelekan air karena ternyata air memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Hal itu tentu saja akan membuat hidup manusia menjadi lebih sehat dan nyaman. Di bawah ini adalah beberapa fungsi air yang diperlukan oleh tubuh.
    Pembentuk sel dan cairan tubuh.
    Komponen utama sel adalah air, sebesar 70-85% Di dalam sel terdapat lemak kurang dari 10%. Air berperan besar dalam darah (mengandung 83% air), cairan lambung, hormon, enzim, otot, dan juga berguna dalam menjaga gerakan otot sehingga otot mampu berkontraksi.
    Pengatur suhu tubuh.Air dapat menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh, sehingga tubuh tetap stabil. Selain itu, juga membantu mendinginkan tubuh melalui penguapan dari paru-paru dan permukaan kulit dengan membawa kelebihan panas keluar tubuh.
    Pelarut zat-zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan.Air membantu produksi air liur saat makanan di mulut, melarutkan makanan dan membantu melumasi makanan agar masuk ke kerongkongan. Pelumas dan bantalan.
    Air berfungsi sebagai pelumas dalam bentuk cairan sehingga sendi dapat bergerak dengan baik dan meredam gesekan antarsendi. Selain itu, air menjadi bantalan tahan getar pada jaringan tubuh, seperti pada otak dan mata.
    Media transportasi.Air membantu pertumbuhan dan regenerasi sel secara efektif dan menjadi media berbagai zat dengan sifat dan kutub ion yang berbeda. Selain itu, air membantu transportasi oksigen dalam tubuh dan sebagai media transportasi bagi gas karbondioksida saat mengeluarkan napas. Media eliminasi sisa metabolisme.
    Dengan air, sisa-sisa metabolisme dalam tubuh dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, serta saluran napas dan kulit. (Ditriana Rahmianti)
    Disadur dari: http://www. readersdigest.co.id/sehat/nutrisi/manfaat.air.bagi.tubuh/005/002/67
    Kesimpulan dari bacan diatas adalah;
    Air memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia diantaranya;
    1. Pembentuk sel dan cairan tubuh,
    2. Pengatur suhu tubuh,
    3. Pelarut zat-zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan, dan 
    4. Media transportasi.