Tips Dan Cara Memandikan Kucing Persia

Cara Memandikan Kucing Persia - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai tips dan cara memandikan kucing persia. Hallo para pecinta kucing! Apa yang membuat Anda sampai ke artikel ini tentunya tak lain dan tak bukan lantaran Anda ingin mengetahui berbagai cara perawatan kucing kesayangan Anda. Contohnya mengenai pemberian makanan yang berkualitas hingga cara memandikan kucing persia untuk Anda yang memiliki peliharaan kucing persia dirumah. Perlu kita sadari jika Anda adalah seorang pecinta hewan kasusnya kucing, kita pasti akan teramat menyayanginya seperti anggota keluarga kita sendiri. Kucing bisa jadi bukan lagi semata hewan peliharaan namun sudah memiliki ikatan tersendiri dengan hati kita seperti halnya seorang adik atau anak.
cara merawat kucing persia,persia yang baik,anak kucing persia,kampung,video cara memandikan kucing,cara memandikan kucing dirumah,bayi,yang benar,
Baca Juga : Kucing Kembang Telon

Untuk merawat seekor kucing sebetulnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mengetahui beberapa hal yang tidak disenangi dan disenangi olehnya. Namun jika bicara mengenai tips memandikan kucing persia, yang muncul dipikiran Anda justru mengenai saat-saat yang merepotkan karena si bulu tidak suka dengan air. Namun jangan salah, untuk Anda para pecinta kucing harus mengenal karakter kucing kesayangan Anda terlebih dulu. Lantaran kucing tidak jauh berbeda dengan manusia. Setiap hewan kucing memiliki karakternya masing-masing. Ada beberapa kucing yang tidak menyukai air bahkan cenderung membencinya. Namun ada pula yang tidak demikian. Itulah mengapa cara memandikan kucing adalah tips yang banyak di cari.

Untuk bisa memandikan kucing persia Anda dirumah, Anda harus mengetahui jenis yang dia miliki terlebih dulu. Apakan dia jenis persia short hair ataukah long hair? Sama halnya dengan manusia, yang memiliki rambut panjang tentunya membutuhkan waktu lebih lama dan perawatan yang berbeda bukan. Hal ini juga berlaku dalam cara memandikan kucing persia berbulu panjang. Namun, sebelumnya siapkanlah dulu beberapa bahan dan peralatan sebelum beraksi dengan kucing Anda :

Berikut peralatan yang diperlukan :
  • Sisir metal, bisa di beli di pets shop terdekat. Sisir ini berbahan metal ada yang berbentuk sisir sikat ada pula yang berbentuk sisir biasa. Anda bisa membeli yang mana saja sesuai selera.
  • Shampo khusus kucing. Beli shampo ini di petshop dan sesuaikan dengan kucing Anda. Jika kucing Anda berwarna putih, pilih shampo dengan kandungan bleach untuk menjaga bulunya.
  • Sikat gigi bekas.
  • Air hangat dalam dua ember sedang.
  • Handuk dan hair dryer.
Jika semua barang tadi sudah Anda siapkan, Anda bisa langsung memulai memandikan kucing Anda. Pertama, Anda disarankan untuk menyisir bulunya terlebih dulu. Ada beberapa jenis bulu kucing yang mudah kusut. Maka disarankan menyisirnya dengan sisir khusus sebelum melakukan cara memandikan kucing persia. Setelah seluruh bulunya disikat rapi, ajak kucing Anda ke tempat dimana Anda ingin memandikannya dengan digendong dan jangan lupa untuk menyiapkan handuk juga. Tenangkan kucing setiap dia mulai merasa gelisah dan tidak nyaman dengan menggaruk leher atau punggungnya. Lalu ikuti cara memandikan kucing selanjutnya.

Berikut Cara Memandikan Kucing :
  • Masukan kucing Anda ke dalam ember berisi penuh air hangat. Tetapi jangan lepaskan kucing Anda. Pegang bagian dadanya dengan seperti hendak menggendong dengan satu tangan.
  • Basahi tubuh kucing Anda dengan menggunakan gayung. Untuk kucing long hair agak sulit untuk membuat air meresap ke bulunya, itulah mengapa Anda dianjurkan untuk menyiapkan ember berisi air penuh yakni supaya tubuh si kucing terendam dan air bisa meresap. Basahi kepalanya perlahan-lahan saja.
  • Angkat kucing keluar dari ember, dan ambil shampo kucing yang sudah Anda siapkan. Tuangkan ke punggung kucing dan gosokan perlahan-lahan. Sesekali gunakan ujung jari dengan gerakan menggaruk. Tuangkan shampo kembali ke tangan Anda dan gosokan ke bagian ekor.
  • Ulangi tahapan yang sama untuk bagian kaki-kaki kucing. Namun, sikat juga dengan menggunakan sikat gigi bekas berbulu lembut untuk bagian bawah kaki. Bagian ini sering mudah kotor. Sikat bulu kucing diseluruh bagian tubuh perlahan-lahan. Namun jangan biarkan terkena mata dan mulut kucing
  • Cara memandikan kucing persia ini membutuhkan waktu hingga 10 menit pada tahapan menggosok tubuhnya. Sekaligus untuk membuat kandungan pada shampo bereaksi pada bulunya. Contohnya untuk kucing berwarna putih, supaya bulunya lebih bersih maka diamkan shampo pada tubuhnya selama hampir 10 menit.
  • Setelah seluruh tubuhnya digosok bersih, siram tubuh kucing dengan air hangat ember pertama hingga busa sabun hilang. Lakukan dengan cepat karena pada tahapan ini, anak kucing Anda bisa semakin rewel dan gelisah.
  • Angkat kucing Anda dan rendam pada ember air hangat kedua yang masih bersih hingga busa- busa pada tubuhnya hilang. Ingat, jangan biarkan kepalanya terendam. Usap dengan lembut seluruh bagian kepala untuk menghilangkan shampo.
  • Cara memandikan kucing persia terakhir, angkat kucing dari ember. Hilangkan air dari tubuhnya dengan melakukan perasan dengan gerakan lembut seperti memijat. Ajak kucing keluar dari kamar mandi dan gosok tubuhnya dengan handuk. Lalu keringkan dengan hairdryer.
Itulah cara grooming kucing persia yang mudah dan bisa Anda lakukan dirumah. Dengan demikian Anda bisa menghemat biaya perawatan kucing kesayangan Anda dengan tidak perlu memandikannya di petshop bukan?

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai tips dan cara memandikan kucing persia. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.