Kucing Hutan Kalimantan yang Langka

Kucing Hutan Kalimantan yang Langka
Kucing Hutan Kalimantan yang Langka
Kucing Hutan Kalimantan - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai kucing hutan Kalimantan. Kalimantan merupakan sebuah pulau besar di Indonesia yang masih memiliki jumlah hutan yang cukup banyak. Maka tak heran banyak flora dan fauna liar yang hidup di Kalimantan, salah satu hewan yang hidup liar di Kalimantan yaitu kucing hutan kalimantan. Ada dua jenis kucing di hutan Kalimantan yang populer yaitu Bay cat dan Mermer cat. Dari kedua jenis ini masuk dalam jenis hewan yang cukup di cari kolektor, akan tetapi karena sekarang hewan ini dilindungi maka Anda tidak bisa memelihara jenis kucing kalimantan ini sebagai peliharaan. Lalu, seperti apa kedua jenis kucing di Kalimantan ini simak penjelasannya berikut.
Kucing Hutan Kalimantan yang Langka,
Baca Juga : Kucing Persia Murah

Pertama yaitu Bay cat. Bay cat yang memiliki bahasa latin Pardofelis badia yang aritnya yaitu seekor kucing endemik yang hanya terdapat di pulau kalimantan. Fauna Pulau Kalimantan ini merupakan seekor kucing dengan warna keabu-abuan hingga kemerah-merahan. Ukuran dari kucing hutan kalimantan ini dapat lebih kecil dibandingkan dengan jenis kucing peliharaan lainnya. Kucing ini sendiri masuk dalam jenis hewan nokturnal. Dengan demikian kucing ini akan aktif mencari makan pada saat malam hari. Kucing ini sebetulnya cukup indah akan tetapi hewan ini sudah sangat langka.

Saat ini sangat sulit untuk mencari kucing hutan kalimantan jenis ini. Bahkan peneliti yang mencoba untuk melakukan penelitian cukup kesulitan karena jumlahnya sedikit dan sulit ditemui. Hingga masa sekarang peneliti masih kesulitan mengetahui cara reproduksi dan juga makanan untuk hewan spesial ini. Karena kelangkaan kucing ini maka pemerintah melindunginya dengan ketat karena hewan ini sudah terancam punah. Bahkan sejak penemuan pertama tahun 1998 kucing ini masih sulit dijumpai bahkan didapatkan fotonya.

Selanjutnya yaitu jenis Mer mer cat. Mer Mer cat merupakan jenis kucing hutan kalimantan yang juga bisa ditemukan di Sumatera, India serta Nepal. Kucing hutan ini termasuk dalam jenis kucing yang unik karena warna dan coraknya serupa dengan macan tutul. Oleh karena itu peneliti percaya jika Mer Mer cat ini merupakan anak kucing hutan dengan ukuran yang besar tersebut . Mer Mer cat yang menarik ini juga banyak di cari untuk dijadikan peliharaan namun saat ini sudah tidak bisa orang memelihara Mer mer cat begitu saja karena jenis kucing ini sekarang masuk dalam jenis kucing dilindungi.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa Mer Mer cat mengalami penurunan jumlah dengan cepat terutama pada tahun 2002. Sehingga kucing yang senang memakan tupai, burung dan hewan kecil lainnya ini sekarang masuk dalam hewan yang terancam punah. Oleh karena itu, sebagai manusia yang baik kita juga harus ikut melindungi kucing hutan kalimantan yang langka ini. Dengan demikian hingga masa anak cucu kita kelak mereka masih bisa melihat jenis fauna yang unik dan lucu ini. Jangan sampai generasi-generasi bangsa Indonesia nanti tidak tahu menahu tentang fauna khas Negaranya sendiri.

Sekian informasi yang bisa di sampaikan mengenai kucing hutan Kalimantan. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.
Kucing Hutan Kalimantan yang Langka Rating: 4.5 Posted by: Cahya Puri