Beberapa Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik

Beberapa Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik
Beberapa Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik
Cara Merawat Kucing Anggora - Pada kesempatan berikut ini akan diberikan informasi mengenai cara merawat kucing anggora. Kucing anggora adalah salah satu hewan piaraan yang sangat diminati oleh masyarakat karena kucing angora sangat lucu dengan bulu-bulunya yang lembut. Akan tetapi merawat kucing anggora harus hati-hati selain kebersihannya harus di jaga namun kesehatannya juga perlu di perhatikan. Banyak sekali orang yang ingin memelihara kucing anggora namun tidak paham bagaimana cara merawat kucing anggora yang tepat. Nah, kami akan berbagi tips bagaimana cara merawat kucing angora untuk pemula supaya kucingnya memiliki pertumbuhan yang baik serta selalu terjaga kebersihannya.
Sebenarnya cara merawat kucing anggora itu tidak jauh beda dengan merawat jenis kucing-kucing lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada perawatan untuk kucing yang berambut pendek atau kucing berambut panjang itu saja. Berikut ini beberapa tips merawat kucing angora yang bisa Anda terapkan dirumah :

1. Beri makanan kering
Untuk menjaga kesehatan kucing angora sebaiknya selalu diberikan makanan kering (dry food) dari sejak usia kucing masih kecil karena makanan basah (wet food) kurang baik untuk kucing anggora. Selain itu, sebaiknya Anda jangan memberikan makanan selain makanan untuk kucing seperti ayam, ikan atau makanan hewani lainnya karena hal itu bisa mengganggu pertumbuhan kucing anggora tersebut .

2. Berikan air putih
Sedangkan untuk pemberian minuman cukup air putih yang sudah dimasak saja. Jangan terus menerus memberikan susu untuk kucing apalagi susu yang dikonsumsi untuk manusia.

3. Porsi makan cukup (jangan berlebihan)
Cara merawat kucing anggora yakni harus memberikan porsi makannya yang tepat. Porsi makan kucing anggora diberikan 3 kali dalam sehari dengan takaran 1 takaran porsi untuk kucing dewasa atau Anda bisa melihat petunjuk pemakaian pada kemasan makanan kucing yang dibeli.

4. Ukuran kandang cukup
Ukuran kandang jangan di buat terlalu kecil karena kucing akan merasa sempit dan tidak leluasa untuk bergerak. Contohnya saja kucing dengan berat 4 kg sebaiknya Anda buat kandang dengan ukuran 90 x 63 x 65 cm. Sedangkan bahan kandang yang digunakan sebaiknya berbahan alumunium karena bahan tersebut tidak akan menimbulkan karat dan memiliki sirkulasi udara yang cukup. Jadi, cara merawat kucing anggora kecil maupun kucing anggora dewasa harus memperhatikan beberapa hal di atas agar kucing memiliki pertumbuhan yang baik.

5. Membersihkan kandang kucing
Cara merawat kucing anggora juga harus membersihkan kandang kucing setiap hari supaya tidak bau. Paling tidak kotak pasir harus selalu dibersihkan setiap hari sedangkan untuk mencucinya bisa satu minggu sekali.

6. Apabila Anda merawat kucing sejak kecil
Sebaiknya pada usia 3 bulan harus dilakukan vaksinasi. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan teng vaksin apa saja yang harus diberikan.

7. Memandikan kucing
Memandikan kucing sebaiknya satu atau dua kali dalam satu minggu agar kebersihan kucing terjaga dan bulunya agar tetap lembut dan tidak kusut.

Itulah beberapa tips cara merawat kucing anggora yang baik dan bisa Anda terapkan dirumah. Dengan merawat kucing anggora yang bersih dan sehat adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi para pecinta kucing anggora.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara merawat kucing anggora. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Terima kasih.
Beberapa Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik Rating: 4.5 Posted by: Cahya Puri